Thursday, May 23, 2013

Es Palubutung

Posted by ningsih at 2:06 AM
Kalo wisata ke kota Makassar jangan pernah lupa untuk mencicipi hidangan pencuci mulut yang satu ini ...namanya Es Palubutung hampir mirip rasanya dengan es pisang ijo cuma si palubutung ini tidak berlapis kulit berwarna hijau ,,, cuma pisang kepok yang tua yg di kukus dan di beri tambahan bubur atau vla di tambah dengan serutan es batu, sirup pisang ambon dan susu kental manis.



Kebetulan beberapa hari yang lalu mbak niken kawanku datang berkunjung ke rumah dengan membawa sesisir pisang kepok..langsung terlintas wah asyik nih pisangnya tua bener pasti enak di buat es palubutung apalagi aku sudah lama sekali gak pernah bikin untuk anak-anak.

Minta tolong ke asisten di rumah supaya pisangnya di kukus supaya pagi-pagi aku sudah bsia menyiapkan bahan-bahan yang lain dan ketika anak-anak sudah pulang sekolah es ini sudah siap santap.



Oh ya aku pake resep yang banyak beredar di internet. Emang ya sekarang ini kita para ibu sudah amat sangat di manjakan oleh yang namanya internet, tinggal klik aja semua informasi yang kita inginkan sudah ada di depan mata tinggal action kita aja mau mencoba resepnya apa gak..


Kebetulan aku orang yang suka mencoba-coba resep..dan suka menambah atau mengurangi takaran klo kurang sreg dengan keinginan lidahku...supaya nemu takaran yang pas..
nih aku tampilin resepnya ya siapa tau ibu-ibu yang lain juga pengen nyoba buat sendiri apalagi sebentar lagi puasa biasa di jadikan alternatif menu buka puasa.

Bahan Es Palu Butung :
  • 8 buah pisang raja/kepok yang tua, dikukus lalu dikupas
  • es batu, diserut
  • sirup merah
  • 750 cc santan dari 1 butir kelapa
  • 50 gr tepung terigu
  • 50 gr sagu tani
  • 50 gr tepung beras
  • 2 lembar daun pandan, dibelah dua lalu dibuat simpul
  • 75 gr gula pasir
  • ¼ sdt vanili
  • ¼ sdt garam
  • susu kental manis secukupnya
Cara membuat Es Palu Butung :
  1. Cairkan tepung beras,tepung terigu, sagu tani  dengan sebagian santan sampai larut.
  2. Sisa santan didihkan dengan gula pasir, daun pandan, vanili dan garam.
  3. Tuang tepung cair, aduk sampai matang dan kental, angkat.
  4. Pisang yang sudah dikukus dan dikupas, dipotong-potong dan letakkan dalam mangkok. Tuang bubur tepung beras lalu beri es batu serut dan sirup merah, terakhir tuangkan susu kental manis.
Untuk 4-5 mangkok.

Selamat mencoba ...

0 comments:

Post a Comment

Share
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

D'Nic Cakes Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template